Stand Up Comedy Indonesia, komedi gaya baru

stand up comedy akhir-akhir ini mulai marak di dunia per-komedian indonesia, stand up comedy adalah jenis pertunjukan seni komedi yang merupakan performace tunggal dimana ada seorang comedian yang berdiri di depan penontonnya, berinteraksi secara langsung dan biasanya membawakan materi seputar kehidupan sehari-hari, kita diajak menertawakan diri kita ataupun kejadian-kejadian di sekitar kita, secara tidak sadar kita diajak untuk mengkritisi lingkungan kita dengan cara melihat dari sisi yang berbeda yang tidak kita sadari ternyata membawa kelucuan tersendiri.

lawakan yang dibawakan komedian stand up biasanya bisa dibilang lawakan cerdas bukan lawakan urakan yang menertawakan kekurangan kita atau menertawakan orang lain apalagi mengeksploitasi fisik, seperti kebanyakan lawakan yang sering kita lihat di televisi. komedian stand up biasanya membawakan komedi dengan cara orasi atau berbicara secara langsung tidak melakukan gerakan-gerakan melucu, karena dalam stand up comedy penonton diajak untuk berpikir meskipun kadang-kadang yang diungkapkan komedian sontak mengundang tawa penonton.

entah siapa yang memulai stand up comedy di indonesia, karena pada awalnya stand up comedy ini berkembang di amerika dan banyak berkembang di negara yang kebebasan berpendapat benar-benar dijunjung tinggi, tidak ada pengekangan pendapat. di indonesia sendiri baru akhir-akhri ini beberapa televisi mulai menyiarkan stand up comedy meski kadang bintang tamu yang mengisi adalah bintang komedi yang berangkat dari layar kaca dan dipaksa untuk ber-stand up dan hasilnya pun tidak bisa maksimal jika dibandingkan yang dari awal menekuni stand up comedy, ambil contoh beberapa stand up komedian di indonesia yang di youtube videonya banyak dilihat pengunjung adalah Raditya Dika, Soleh Solikhun, Mongol, Ernerst Prakasya dan masih banyak lagi.

coba simak beberapa penampilan stand up comedy indonesia yang diambil dari youtube :






itu beberapa cuplikan video stand up comedy, untuk koleksi yang lebih banyak silakan cari di youtube, dan selamat terpingkal-pingkal ...

happy life ... !


7 komentar:

  1. saya belum prnh nnton yg ini, klo tdk slah dsiarankn olh stsiun tv swsta ya m****** tv.
    jgn lpa mmpir ke eMingko Blog

    BalasHapus
  2. iya betul, sekarang disiarin di montro vivi .. tapi perkembangan awalnya di comedy cafe kemang jakarta

    BalasHapus
  3. tapi ngga tau ya.. agak aneh dan sedikit dipaksakan menurut saya..hehe...

    emm..masih suka gaya OVG deh saia mah...hehe

    Stylish Generation

    BalasHapus
  4. @tia - yang masih baru emang butuh adaptasi agar bisa diterima di masyarakat, secara stand up memang komedi dengan konsep yang berbeda, tapi patut diapresiasi

    BalasHapus
  5. Kapan n jam brapa acranya disiarkan?
    Pengen liat soalnya

    BalasHapus
  6. kalo di metrovivi setiap kamis jam 22.30
    tuh di webnya didokumentasikan kok, tapi banyak sensor kalo di tv, di youtube banyak kok yg upload, bahkan ada kanal tersendiri

    BalasHapus
  7. Stand Up Comedy lokal; Paccarita (Tukan Cerita, Makassar) & MOP Papua

    BalasHapus