Merubah laptop menjadi pemancar wifi

memiliki beberapa gadget dengan berbagai macam fungsi bukan hal yang aneh sekarang ini, gadget-gadget terbaru sudah dibekali dengan koneksi internet baik melalui paket data dari operator seluler maupun dengan kemampuan wifi. tidak hanya laptop dan smartphone saja yang bisa terkoneksi dengan internet, beberapa merk kamera bahkan sudah dibekali dengan wifi dan gps untuk memudahkan memposting / upload hasil jepretan ke jejaring sosial ataupun situs yang lain, yang mau tidak mau pasti membutuhkan koneksi internet utamanya dengan pemancar wifi/hotspot area.

smartphone dengan sistem operasi terbaru saat ini sudah dibekali kemampuan sebagai pemancar wifi atau biasa disebut wifi tethering pada android 2.2 ke atas, fungsi tethering ini untuk membagi koneksi internet dengan device lain yang memiliki kemampuan untuk terkoneksi via wifi. berbagi internet melalui smartphone mungkin sudah hal biasa, tetapi bagaimana jika kita mempunyai koneksi di laptop entah dari kabel telkom ataupun dari modem dan kita ingin membaginya dengan perangkat lain ?
atau dengan kata lain kita ingin merubah laptop menjadi pemancar wifi untuk gadget lain.

ada dua cara yang bisa kita lakukan, yaitu cara manual dengan pengaturan pada setingan network di control panel dengan syarat sistem operasi yang kita gunakan maupun device yang akan dishare support Ad-hoc server/client (secara teknis silahkan browsing, banyak sobat blogger yang membagi cara ini, saya coba berhasil di laptop saya tapi di hengpon samsung ace 2 tidak tedeteksi karena masih perlu di root dan rubah kernel, daripada ribet ane cancel aja, sementara di nokia 5630 terdetek dan bisa konek tapi malah hang, hehe ..) dan satu lagi cara yang lebih mudah yaitu dengan software Connectify.

cara setingnya cukup mudah, hanya dengan tiga langkah dan laptop sudah bisa jadi pemancar hotspot, smarphone atau gadget lain bisa mengakses via wifi. cara setingnya adalah (langkah ini tentunya jika software ini sudah terinstal pada laptop ya .. kalo belum jangan coba-coba .. bisa ane lempar bata ntar .. hehe .. bcanda sob ..)

  1.  beri nama hotspot yang akan dishare .. untuk pengguna versi gratis wajib menggunakan nama awalan "Connectify- " sementara untuk sobat yang beli versi PRO bisa menggunakan nama sesukanya .. enak ya orang berduit, bebas ngapain aja .. asem nan og
  2. pilih jaringan yang akan dishare, dari kabel atau modem DSL, modem 3G atau 4G, bahkan dari jaringan wifi  lain.
  3. klik "Start Hotspot" dan wifi hotpsot sudah tersedia
nah kan, kalo software belum terinstal pasti bingung deh, tapi coba ini saya kasih screenshootnya agar punya sedikit gambaran tentang software ini :


sistem operasi yang support adalah windows XP,Vista dan 7. mungkin beberapa saat lagi akan support juga windows 8. untuk pengguna windows XP ada catatan khusus, terutama masalah pembatasan jaringan, solusinya bisa dibaca di web resminya di www.connetify.me di bagian support.

untuk download software ini silakan langsung ke website resminya di www.connectify.me disana tersedia versi Lite dan versi PRO yang berbayar.
sumber gambar : www.connectify.me

semoga bermanfaat,
happy life ... !

3 komentar:

  1. Wah yang ini penting nih untuk para programer infrastruktur komputer, jadi segalanya bisa lebih mudah.

    BalasHapus
  2. Ini dapat meningkatkan kemampuan kita dalam membantu orang lain. Bantuan yang diberikan akan menjadikan nama baik kita menjadi semakin

    BalasHapus
  3. tak nyoba sing gratisan sik wae om... thx infonya :D

    BalasHapus